Senin, 30 Maret 2009

KECANTIKAN

Kecantikan adalah yang menarik jiwamu,dan yang suka memberi dan bukan menerima. Ketika engkau berjumpa dengan kecantukan, engkau merasakan tangan didalam batinmu terulur untuk membawanya kedalam hatimu.
Kecantikan adalah gabungan antara suka dan duka, ia adalah Yang tidak kelihatan.
yang engkau lihat, dan kesamaran yang engkau pahami, dan kebisuan yang engkau dengar.....Ia adalah Yang Kudus dari Yang Kudus, Yang dimulai dari dalam diri mu sendiri dan berakhir jauh malampaui imajinasimu.
Apakah engakau disusahkan oleh banyak iman yang diakui umat manusia...?.
Apakah engkau bingung di dalam lembah kepercayaan yang saling bertentangan ?
Apakah menurutmu kebebasan klenik itu kalah berat dibandingkan dengan kepatuhan, dan kemerdekaan menentang itu lebih aman dari pada benteng kemanutan ?. Kalau memang seperti itu, jadikanlah kecantikan agamamu, dan sembahlah ia sebagai Illahmu; sebeb ialah karya Allah yang kelihatan, yang terwujud dan sempurna.
Lupakanlah nereka-mereka yang telah bermain-main dengan kekudusan seolah-olah itu adalah suatu kepura-puraan, menggabungkan ketamakan dengan kesombongan; dan percayalah kepada keIllahian kecantikan yang merupakan awal dari ibadahmu terhadap kehidupan, sekaligus sumber rasa laparmu akan kebahagiaan.
Bertobatlah dihadapan kecantikan, dan urapilah dosa-dosamu, sebab kecantikan mendekatkan hatimu kepada takhta wanita, yang adalah cermin dari kasih sayangmu dan guru hatimu tentang cara-cara alam, yang adalah rumah kehidupanmu.
Hanya roh kita yang dapat memahami kecantikan, atau hidup dan bertumbuh bersamanya. Ia membingungkan pikiran kita; Kita tak dapat melukiskannya dengan kata-kata; Ia adalah sensasi yang tak dapat dilihat mata kita, diturunkan dari dia yang mengamati maupun dia yang diamati.
Kecantikan sejati adalah sinar yang memancar dari yang Kudus dari yangkudus dari roh, Dan menerangi tubuh, Seperti kehidupan muncul dari kedalaman bumi dan memberikan warna serta semerbak kepada setangkai bunga.
Kecantikan adalah keharmonisan diantara suka dan duka, yang dimulai dari dalam yang kudus dan berakhir melampaui daya imajinasi kita.
Kecantikan bukanlah pada wajah;
Kecantikan adalah terang dalam hati.

Ia yang berupaya memisahkan tubuh dari roh,atau roh dari tubuh, menjauhkan
hatinya dari kebenaran.
Bunga serta semerbaknya adalah satu, dan orang buta yang menyangkal warna maupun rupa bunga, yang percaya bahwa bunga hanya memiliki semerbak yang tersebar diudara, adalah seperti mereka-mereka yang ditutup hidungnya, yang percaya bahwa bunga itu hanyalah gambar serta warna, tidak memiliki semerbak.
Kehidupan itu telanjang, tubuh yang telanjang adalah lambang kehidupan yang paling pasti dan paling mulia.
Kalau ku gambar sebuah gunung sebagai setumpuk manusia dan ku gambar air terjun dalam bentuk tubuh manusia yang berjatuhan, itu adalah karena aku melihat didalam gunung itu ada setumpuk benda hidup, dan didalam air terjun itu arus kehidupan yang dijatuhkan dari atas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar